Mengunjungi Satu-satunya Tempat di Amerika Dimana Mobil Telah Dilarang Sejak 1898

mackinac

CC BY 2.0 cletch

Kendaraan bermotor merupakan sebuah temuan yang begitu mempengaruhi dunia. Ketika pertama kali muncul pada akhir abad ke 19, sebagian orang berpikir bahwa penemuan ini akan mengambil alih dunia di masa depan. Namun di beberapa kota, dirasakan dampak yang buruk dari pertumbuhan kendaraan bermotor ini terutama dari kebisingan dan gas buang-nya yang begitu mengganggu dari kendaraan tanpa kuda ini. Hal ini menyebabkan kendaraan bermotor di larang di beberapa tempat.

Namun seiring berjalannya waktu, keuntungan-keuntungan yang ditawarkan oleh kendaraan bermotor ini menggiurkan berbagai pihak sehingga satu persatu larangan tersebut dicabut, dan kendaraan bermotor mulai menguasai jalanan di tempat-tempat tersebut. Namun, masih ada satu tempat di Amerika Serikat dimana larangan ini masih berlaku, yaitu tepatnya di Pulau Mackinac dimana mobil di larang sejak 1898.

Berlokasi di lepas pantai daratan Michigan di danau Huron, Pulau Mackinac telah lama terkenal sebagai tempat untuk bersantai dan berwisata. Namun ketika pertama kali kendaraan bermotor masuk ke pulau ini dan membuat kebisingan di jalanan-jalanan yang dulunya tenang, mengganggu kuda-kuda dan menebarkan asap yang sangat mengganggu. Penduduk lokal-pun mulai beranggapan bahwa penemuan baru ini bukan ditujukan untuk mereka dan menyebut-nya sebagai “monster mekanis”.

FordQuadricycle

Ford Quad Cycle Wikipedia/CC BY 2.0

Sebelum “monster mekanis” tersebut menebarkan teror lebih lanjut di tempat yang damai itu, pemerintah lokal menetapkan untuk melarang adanya kendaraan bermotor di dalam pulau itu.

“Penyelesaian: Menjalankan angkutan tanpa kuda dilarang didalam wilayah Desa Mackinac.” —Dewan Desa Pulau Mackinac, 6 Juli 1898

Resolved: That the running of horseless carriages be prohibited within the limits of the village of Mackinac.” — Mackinac Island Village Council, July 6, 1898Peraturan semacam itu mungkin terdengar aneh dan ketinggalan jaman. Namun, hingga saat ini peraturan tersebut masih belum dicabut. Jadi, bagaimana kehidupan dimana penemuan yang sangat berpengaruh dalam sejarah dilarang? Well, cukup baik sesungguhnya.

Meskipun pulau kecil ini hanya memiliki penduduk 500 jiwa. Namun pada musim panas, turis yang datang ke pulau ini bisa mencapai 15.000 orang. Kecuali beberapa kendaraan darurat, tidak ada satu-pun kendaraan bermotor yang terlihat di pulau ini. Transportasi di tempat ini terbatas pada berjalan kaki, sepeda, dan kereta kuda. Jauh berbeda dengan kehidupan yang sangat bergantung dengan kendaraan bermotor diluar pulau ini.

“Udara-nya begitu bersih dan kecelakaan sangat sedikit” tulis Jeff Potter dalam artikel-nya mengenai Pulau Mackinac. “Penduduk-nya lebih sehat karena berolahraga, terdapat penghargaan terhadap kebersamaan: setiap orang melakukan perjalanan dengan cara yang sama. Dan mereka dapat menabung uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan kendaraan bermotor”

Meski begitu, untuk berjalan-jalan di sekitar pulau tetap-lah mudah. Pulau Mackinac juga tempat bagi satu-satunya jalan raya tanpa mobil di Amerika Serikat, yaitu M-185 yang menawarkan akses disepanjang  garis pantai-nya sepanjang 8.3 mil, tanpa pom bensin dan tempat parkir disekitarnya sebagaimana jalan raya lainnya di Amerika Serikat.

Pengunjung di pulau ini menggambarkan bahwa rasanya seperti kembali ke masa lalu dimana sepeda masih dominan digunakan dan belum digantikan oleh hiruk-pikuk lalu lintas yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari di Amerika Serikat.

Namun, tidak sekedar menjadi sisa-sisa dari masa lalu. Pulau Mackinac bukannya menawarkan sejarah alternatif, melainkan kondisi sesungguhnya dari kehidupan masyarakat kita 100 tahun yang lalu, sebelum kendaraan bermotor benar-benar menguasai kita.

Mungin hal ini dapat menjadi inspirasi bagi negara kita, untuk menciptakan sebuah tempat yang bebas dari kendaraan bermotor. karena itu akan menjadi sebuah daya tarik wisata dimana negara kita terkenal dengan surga alaminya, dan jangan sampai itu ternoda oleh polusi-polusi dan dampak buruk lainnya dari kendaraan bermotor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s