Peneliti Mempelajari 18.000 Jam Rekaman Laut Dalam, Menemukan Dasar Lautan Penuh Dengan Sampah

MBRI/Screen capture

MBRI/Screen capture

Kita telah sering melihat gambar sampah di pantai, atau mengapung di permukaan lautan. Tapi ternyata, terdapat sejumlah besar sampah di dasar lautan yang sangat dalam yang bahkan sangat dalam sehingga sangat sulit bagi kita untuk mengetahui situasinya.  Karena itu sangat tidak praktis untuk mendanai misi penjelajahan laut dalam hanya untuk mencari sampah, oleh sebab itu peneliti di Monterey Bay Aquarium Research Institute melakukan penyisiran terhadap video ribuan jam hasil rekaman dari ekspedisi-ekspedisi laut dalam oleh kendaraan-kendaraan yang dikendalikan dari jarak jauh selama 20 tahun terakhir, khusus untuk mencari sampah-sampah yang terlihat dalam rekaman tersebut.

Screen capture MBRI

Screen capture MBRI

Untuk penelitian ini, para peneliti mengakses database VARS untuk mencari setiap rekaman yang menunjukkan keberadaan sampah di dasar lautan. Mereka kemudian menyatukan data dari semua jenis sampah yang mereka lihat, dan juga kapan dan dimana sampah tersebut terlihat.

Totalnya, peneliti menemukan lebih dari 1.500 penampakan sampah di dasar lautan, mulai dari situs menyelam di Pulau Vancouver hingga teluk California, dan sejauh kepulauan Hawaii. Pada laporan terbaru, peneliti sedang fokus dalam pencarian sampah di sekitar Pantai Monterey, area dimana MBARI telah melakukan lebih dari 200 penyelaman dalam setahun. Pada wilayah ini sendiri, para peneliti mencatat lebih dari 1.150 sampah di dasar lautan. (source)

Sekitar 1/3 sampah merupakan sampah plastik, dan lebih dari setengahnya adalah kantong plastik yang sangat berbahaya bagi kehidupan laut.  Berikutnya adalah benda logam, sekitar 1/5 dari totalnya. Selain itu adalah sampah umum seperti tali, peralatan memancing, botol kaca, kertas, dan kain.

Karena kondisi dasar lautan dengan air yang sangat dingin, sedikit oksigen, dan sedikit bakteri, semua sampah ini akan berada lebih alma disana ketimbang di daratan.

Via Monterey Bay Aquarium Research Institute

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s